TIK dan Perkembangannya
A. Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi [TIK] sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisi), pengolahan penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi (kementerian Negara Riset dan Teknologi, 2006 : 6). Dalam definisi tersebut adalah semua perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi, dan insfratruktur computer maupun (tele) komunikasi. Istilah TIK atau ICT (Information and Communication Technologi ) atau dikalangan Asia brbahasa Inggris disebut infokom, muncul setelah berpadunya teknologi computer baik perangkat keras maupun lunak.Sedangkan teknologi komunikasi sebagai sarana penyebaran informasi pada abad ke-20. Perpaduan ke dua teknologi tesebut berkembang pesat, jauh melebihi bidang-bidang lain. Bahkan pada abad ke-21 pun masih dipercaya. Bidang TIK masih akan terus pesat berkembangdan belum terlihat pada titik jenuhnya sampai beberapa decade mendatang. Pada tingkat global, perkembangan TIK telah mempengaruhi seluruh bidang kehidupan umat manusia. Intrusi TIK ke dalam bidang-bidang lain telah sedemikian jauh sehingga tidak ada satupun peralatan hasil inovasi teknologi yang tidak memanfaatkan perangkat TIK.
B, Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Perkembangan Teknologi dan Informasi memiliki sejarah sebelum sekarang teknologi begitu pesat berkembang. Pertama adalah penemuan telepon oleh Alexander Grahanm Bell pada tahun 1875. Temuan ini kemudian berkembang dengan ditindak lanjutipenggelaranjaringan komuniklasi dengan kabel yang melilit ke seluruh daratan Amerika. Kemudian diikuti pemasangan kabel trans-atlantik. Inilah insfratruktur perama yang yang dibangun manusia untuk komunikasi global. Memasuki abad ke-20 tepatnya antara tahun 1910-1920, terealisasi transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama (Lallana, 2003 : 5). Komunikasi suara tanpa kabel segra berkembang pesat, dan kemudian bahkan diikuti pula oleh transmisi audio-visualtanpa kabel, yang berwujud siaran televise pada tahiun 1940-an. Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943, yang kemudian ikuti oleh tahapan minituarisi komponen elektonik meleui transistor pada tahun 1947, dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957. Perkembangan teknologi elktronika yang merupakan soko guru TIK saat ini pernah mengalami masa kemasan pada era perang dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat dan blok Timur justru memacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturiasasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat luar angkasa maupun mesin-mesin perang.Miniatuarisasi komponen elektronik melalui ciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikro prosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi otak perangkat keras computer,dan terus berevolusi sampai saat ini.
Perangkat telekomunikasi berkembang pesat. Pada saat di perkenalkannya teknologi digital. Kemudian dapat menggantikan perannya teknologi analog yang kemampuannya masih terbatas dalam pengeksplorasikannya. Digitalisasi perangkat telekomuikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat computer yang dari awal sudah merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital. Produk hasil konvergensi akan menghasilkan telepon seluler yang saat ini dipergunakan. Konvergensi komputasi yang menjadi komputasi multi media inilah yang menjadi cirri abad ke -21, sebagaimana abad ke-18 dicirika oleh adanya revolusi industri.
Indonesia pernah menggunakan istilah telematika atau maksudnya sama saja dengan TIK yang kita kenal saat ini. Pengolahan informasi dan pendistribusiannya melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang bagi kehidupan manusia, termasuk bidang pendidikan. Ide menggunaka mesin-belajar,membuat simulasi proses- proses yang rumit, animasi proses-proses yang sulit di deskripsikan, sangat menarik minat praktisi pembelajaran. Kemudian juga untuk melayani pembelajaran yang tak terkendala waktu dan tempat juga dapat difasilitasi oleh TIK.Sejalan dengan itu bermunculan kata yang berawalan e, misalnya e-book, e-learning, e-laboratory, e-education e-library dan sebagainya. Awalan e bermakna elektronik yang secara implisit dimaknai berdasar teknologi elektronika digital.
C. Pemanfaatan teknologi Informasi dan Komunikasi
Saat ini komputer bukan lagi merupakan barang mewah, alat ini sudah digunakan berbagai bidang pekerjaan seperti halnya pada bidang pendidikan. Pada awalnya komputer dimanfaatkandi sekolah sebagai penunjang kelancaran pekerjaan bidang administrasi dengan memanfaatkan softwaremicrosoft word, excel dan access.
TIK dalam pembelajaran
Pemanfaatan TIK di Indonesia memiliki sejarah panjang . Inisiatif menyelenggarakan siaran radio pendidikan dan televise pendidikan dan menyebarkan satuan-satuan pendidikan melalui informai ke seluruh nusantara. Merupakan suatu wujud kesadaran dalam mengoptimalkan proses pembelajaran terhadap masyarakat. Penyiaran radio maupun televisi memiliki kelemahan misalnya tidak adanya timbal balik atau interaksi. Komunikasi ini hanya berlangsung haya searah yaitu dari nara sumber atau fasilitator terhadap pembelajar.
Komputer dengan kemampuannya mengolah dan menyajikan tayangan multi media (teks,grafis, gambar, suara dam movie) mampu membeikan peluang baru dalam mengatasi kelemahan yang di sajikan pada radio atau pun televisi. Pada komponen computer akan disajikannya internet yang mampu memberikan interaksi yang sinkron maupun yang asinkron. Pembelajaran internet memungkinkan sinkron dengan keunggulan utama pembelajar maupun fasilitator tidak berada pada satu tempat yang sama.
Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran misalnya :
1. Presentasi
Preasentasikan merupakan cara yabg sudah lama digunakan, dengan menggunakan OHP atau chart. Peralatan yang digunakan sekarang biasanya sebuah computer/laptop dan LCD proyektor.Ada beberapa keuntungan jika kita memanfaatka TIK diantaranya kita bisa menampilkan animasi dan film,sehingga tampilannya menjadi lebih menarikdan memudahkan siswauntuk menangkap materi yang disampaikan.
2 Demonstrasi
Demonstrasi biasanya digunakan untuk menampilkan suatu kegiatan di depan kelas, misalnya eksperimen. Kita bisa membuat film cara-cara melakukan suati kegiatan misanya cara melakukan pengukuran micrometer yang benar atau mengambil sebagian kegiatan yang penting. Cara lain adalah memanfaatkan internet, kita bisa menampilkan animasi yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan.
3. Virtual Experiment
Maksudnya disini adalah kegiatan laboratorium yang dipindahkan di depan computer.Anak bisa melakukan eksperimen dengan memanfaatkan software virtual eksperimen misalnya crocodile elips.
A. Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi [TIK] sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisi), pengolahan penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi (kementerian Negara Riset dan Teknologi, 2006 : 6). Dalam definisi tersebut adalah semua perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi, dan insfratruktur computer maupun (tele) komunikasi. Istilah TIK atau ICT (Information and Communication Technologi ) atau dikalangan Asia brbahasa Inggris disebut infokom, muncul setelah berpadunya teknologi computer baik perangkat keras maupun lunak.Sedangkan teknologi komunikasi sebagai sarana penyebaran informasi pada abad ke-20. Perpaduan ke dua teknologi tesebut berkembang pesat, jauh melebihi bidang-bidang lain. Bahkan pada abad ke-21 pun masih dipercaya. Bidang TIK masih akan terus pesat berkembangdan belum terlihat pada titik jenuhnya sampai beberapa decade mendatang. Pada tingkat global, perkembangan TIK telah mempengaruhi seluruh bidang kehidupan umat manusia. Intrusi TIK ke dalam bidang-bidang lain telah sedemikian jauh sehingga tidak ada satupun peralatan hasil inovasi teknologi yang tidak memanfaatkan perangkat TIK.
B, Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Perkembangan Teknologi dan Informasi memiliki sejarah sebelum sekarang teknologi begitu pesat berkembang. Pertama adalah penemuan telepon oleh Alexander Grahanm Bell pada tahun 1875. Temuan ini kemudian berkembang dengan ditindak lanjutipenggelaranjaringan komuniklasi dengan kabel yang melilit ke seluruh daratan Amerika. Kemudian diikuti pemasangan kabel trans-atlantik. Inilah insfratruktur perama yang yang dibangun manusia untuk komunikasi global. Memasuki abad ke-20 tepatnya antara tahun 1910-1920, terealisasi transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama (Lallana, 2003 : 5). Komunikasi suara tanpa kabel segra berkembang pesat, dan kemudian bahkan diikuti pula oleh transmisi audio-visualtanpa kabel, yang berwujud siaran televise pada tahiun 1940-an. Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943, yang kemudian ikuti oleh tahapan minituarisi komponen elektonik meleui transistor pada tahun 1947, dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957. Perkembangan teknologi elktronika yang merupakan soko guru TIK saat ini pernah mengalami masa kemasan pada era perang dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat dan blok Timur justru memacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturiasasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat luar angkasa maupun mesin-mesin perang.Miniatuarisasi komponen elektronik melalui ciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikro prosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi otak perangkat keras computer,dan terus berevolusi sampai saat ini.
Perangkat telekomunikasi berkembang pesat. Pada saat di perkenalkannya teknologi digital. Kemudian dapat menggantikan perannya teknologi analog yang kemampuannya masih terbatas dalam pengeksplorasikannya. Digitalisasi perangkat telekomuikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat computer yang dari awal sudah merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital. Produk hasil konvergensi akan menghasilkan telepon seluler yang saat ini dipergunakan. Konvergensi komputasi yang menjadi komputasi multi media inilah yang menjadi cirri abad ke -21, sebagaimana abad ke-18 dicirika oleh adanya revolusi industri.
Indonesia pernah menggunakan istilah telematika atau maksudnya sama saja dengan TIK yang kita kenal saat ini. Pengolahan informasi dan pendistribusiannya melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang bagi kehidupan manusia, termasuk bidang pendidikan. Ide menggunaka mesin-belajar,membuat simulasi proses- proses yang rumit, animasi proses-proses yang sulit di deskripsikan, sangat menarik minat praktisi pembelajaran. Kemudian juga untuk melayani pembelajaran yang tak terkendala waktu dan tempat juga dapat difasilitasi oleh TIK.Sejalan dengan itu bermunculan kata yang berawalan e, misalnya e-book, e-learning, e-laboratory, e-education e-library dan sebagainya. Awalan e bermakna elektronik yang secara implisit dimaknai berdasar teknologi elektronika digital.
C. Pemanfaatan teknologi Informasi dan Komunikasi
Saat ini komputer bukan lagi merupakan barang mewah, alat ini sudah digunakan berbagai bidang pekerjaan seperti halnya pada bidang pendidikan. Pada awalnya komputer dimanfaatkandi sekolah sebagai penunjang kelancaran pekerjaan bidang administrasi dengan memanfaatkan softwaremicrosoft word, excel dan access.
TIK dalam pembelajaran
Pemanfaatan TIK di Indonesia memiliki sejarah panjang . Inisiatif menyelenggarakan siaran radio pendidikan dan televise pendidikan dan menyebarkan satuan-satuan pendidikan melalui informai ke seluruh nusantara. Merupakan suatu wujud kesadaran dalam mengoptimalkan proses pembelajaran terhadap masyarakat. Penyiaran radio maupun televisi memiliki kelemahan misalnya tidak adanya timbal balik atau interaksi. Komunikasi ini hanya berlangsung haya searah yaitu dari nara sumber atau fasilitator terhadap pembelajar.
Komputer dengan kemampuannya mengolah dan menyajikan tayangan multi media (teks,grafis, gambar, suara dam movie) mampu membeikan peluang baru dalam mengatasi kelemahan yang di sajikan pada radio atau pun televisi. Pada komponen computer akan disajikannya internet yang mampu memberikan interaksi yang sinkron maupun yang asinkron. Pembelajaran internet memungkinkan sinkron dengan keunggulan utama pembelajar maupun fasilitator tidak berada pada satu tempat yang sama.
Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran misalnya :
1. Presentasi
Preasentasikan merupakan cara yabg sudah lama digunakan, dengan menggunakan OHP atau chart. Peralatan yang digunakan sekarang biasanya sebuah computer/laptop dan LCD proyektor.Ada beberapa keuntungan jika kita memanfaatka TIK diantaranya kita bisa menampilkan animasi dan film,sehingga tampilannya menjadi lebih menarikdan memudahkan siswauntuk menangkap materi yang disampaikan.
2 Demonstrasi
Demonstrasi biasanya digunakan untuk menampilkan suatu kegiatan di depan kelas, misalnya eksperimen. Kita bisa membuat film cara-cara melakukan suati kegiatan misanya cara melakukan pengukuran micrometer yang benar atau mengambil sebagian kegiatan yang penting. Cara lain adalah memanfaatkan internet, kita bisa menampilkan animasi yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan.
3. Virtual Experiment
Maksudnya disini adalah kegiatan laboratorium yang dipindahkan di depan computer.Anak bisa melakukan eksperimen dengan memanfaatkan software virtual eksperimen misalnya crocodile elips.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar